SILABUS
Satuan Pendidikan :
SMP NEGRI I KOMODO
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen (PAK)
Kelas/Semester :
VII / Ganjil
Standar Kompetensi :
Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara dan menyelamatkan manusia
serta seluruh ciptaan
Aspek
: Allah
Tritunggal dan Karya-Nya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Pengalaman Pembelajaran
|
Penilaian
|
Waktu
|
Bahan, alat dan Sumber
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Tagihan
|
Contoh Tagihan
|
||||||
1.
Menjelaskan makna manusia sebagai mahkota ciptaan Allah
|
1.1. Makna Manusia Sebagai
Mahkota Ciptaan Allah
|
1.1.1 Menjelaskan beberapa ajaran
dan pandangan tentang manusia.
|
1.1.1.1 Menjelaskan pandangan
agama suku tentang manusia.
1.1.1.2 Menjelaskan pandangan
evolusionisme tentang manusia.
1.1.1.3 Menjelaskan pandangan
hedonisme tentang manusia.
1.1.1.4 Menyimpulkan seluruh
pendapat beberapa pandangan tentang manusia
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
Simpulkanlah seluruh pendapat beberapa pandangan
tentang manusia!
|
1 P
|
Ø Alkitab
Ø Kidung Jemaat
Ø Buku PAK Kelas VII Penerbit Mitra
Ø Buku PAK Kelas VII Penerbit BPK
Gunung Mulia
Ø LCD, Komputer
|
1.1.2 Menjelaskan makna manusia
sebagai gambar dan rupa Allah
|
1.1.2.1 Menceritakan penciptaan
manusia oleh Allah.
1.1.2.2 Menjelaskan makna manusia
sebagai gambar dan rupa Allah
1.1.2.3 Menjelaskan keistimewaan
manusia dibanding ciptaan lainnya.
|
Tes Tertulis
|
Jawaban singkat
|
Terlampir
|
1 P
|
|||
1.1.3 Menjelaskan makna manusia
sebagai Mandataris Allah
|
1.1.3.1 Menjelaskan pengertian
mandataris.
1.1.3.2 Menjelaskan secara
hirearki Kej 1:28 sebagai dasar teologis Mandat Allah kepada manusia.
1.1.3.3 Menjelaskan beberapa
alasan penting mengapa manusia harus bertanggung jawab memelihara alam.
1.1.3.4 Mendiskusikan cara
memelihara alam sebagat seorang siswa dan warga negara yang baik
|
Tes
|
Uraian
|
Terlampir
|
2 P
|
|||
1.1.4 Menjelaskan wujud tindakan
sebagai manusia segambar dan serupa dengan Allah
|
1.1.4.1 Menjelaskan tujuan Allah
menciptakan manusia.
1.1.4.2 Menjelaskan fungsi (semen
religious).
1.1.4.3 Mendiskusikan wujud
tindakan berhubungan dengan Allah melalui doa, ibadah dan membaca Alkitab.
|
Non Tes
|
Observasi
|
Terlampir
|
1 P
|
|||
2.
Menceritakan tanda-tanda bahwa Allah terus berkarya
|
2.1 Allah Terus
Berkarya
|
2.1.1 Menceritakan contoh-contoh
karya Allah dalam kehidupan manusia
|
2.1.1.1 Menyebutkan contoh-contoh
karya Allah dalam penciptaan manusia.
2.1.1.2 Menceritakan contoh karya
Allah dalam memenuhi kebutuhan jasmani manusia.
2.1.1.3 Menceritakan perlindungan
Allah atas perjalanan hidup manusia sehari-hari.
|
Tes Lisan
|
Uraian
|
a.
Sebutkan karya Allah melalui Musa!
b.
Sebutkan karya Allah melalui Tuhan Yesus!
|
2 P
|
|
2.1.2 Menceritakan contoh-contoh
karya Allah dalam alam semesta.
|
2.1.2.1 Menceritakan secara
singkat penciptaan alam semesta.
2.1.2.2 Menceritakan keajaiban
alam yang dibuat oleh Allah.
2.1.2.3 Menceritakan contoh-contoh
sikap manusia yang baik terhadap karya Allah.
|
1 P
|
||||||
2.1.3 Menceritakan contoh-contoh
karya Allah melalui kelahiran, kematian dan kesembuhan penyakit.
|
2.1.3.1 Menceritakan contoh karya
Allah melalui kelahiran
2.1.3.2 Menceritakan contoh karya
Allah melalui kematian
2.1.3.3 Menceritakan contoh karya
Allah atas kesembuhan penyakit
|
3 P
|
||||||
3.
Mengakui bahwa pemeliharaan Allah terhadap manusia dan alam lebih kuat
daripada kecenderungan manusia untuk merusaknya
|
3.1 Menyetujui
kebesaran Allah dan keterbatasan manusia
|
3.1.1 Menyetujui kebesaran Allah
dan keterbatasan manusia
|
3.1.1.1 Menyetujui contoh-contoh nilai-nilai
kebesaran Allah.
3.1.1.2 Menyetujui conoh-contoh
nilai keterbatasan manusia.
3.1.1.3 Menyetujui contoh-contoh
ketergantungan manusia kepada Allah.
3.1.1.4 Menyetujui contoh-contoh
nilai kesalingtergantungan di antara sesame manusia.
|
Non Tes
|
Skala Sikap
|
Terlampir
|
2 P
|
|
3.1.2 Menyambut pemeliharaan Allah
terhadap manusia dan alam
|
3.1.2.1 Mempertanyakan pentingnya
contoh-contoh nilai alam dalam kehidupan manusia.
3.1.2.2 Menyetujui contoh-contoh
nilai dalam Allah menciptakan ekosistem yang seimbang.
3.1.2.3 Menyetujui contoh-contoh
penerapan sikap manusia dalam bertanggung jawab menjaga keseimbangan
ekosistem.
3.1.2.4 Memilah dampak-dampak
negatif kelalaian manusia dalam bertanggung jawab menjaga keseimbangan
ekosistem.
|
3 P
|
Mengetahui Labuan
Bajo, Agustus
2015
Kepala SMPN 1 Komodo Guru Mata Pelajaran
DONATUS JAHAN, S.Pd BERKAT E. ROSARI TEFA,
S.si.Teol
NIP.
19650731
199702 1 001 NIP.19820428 201402 2 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar